Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 11 (2015): Nopember 2015

P erubahan kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah membuat guru dan siswa harus beradaptasi. Untuk dapat beradaptasi memerlukan waktu yang lama sementara kurikulum 2013 baru saja diberlakukan setahun yang lalu di SMP Negeri 2 Pontianak. Tingkat

Astuti, Dwi (Unknown)
Syam, Christanto (Unknown)
., Syambasril (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru sudah melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 dengan baik sesuai dengan aturan-aturan mengenai pembelajaran kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru bersangkutan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran (RPP) yang dirumuskan guru pada pertemuan pertama dan kedua dalam pembelajaran teks ulasan menggunakan pendekatan scientific dengan metode discovery learning telah mencerminkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup terlaksana sesuai rambu-rambu kurikulum 2013. Evaluasi yang dilakukan guru pada pertemuan pertama dan kedua telah memuat penilaian tiga ranah meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.   Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Ulasan, Kurikulum 2013   Abstract: The purpose of this research was to find out whether the teacher had done the instructional of curriculum 2013 well based on the rules of instructional curriculum 2013. The method used in this research was descriptive. Data collecting done through observation and interview to the teacher. The result of data analysis indicate that the instructional plan (Lesson plan/RPP) formulated by the teacher on first and second meeting in teaching review text used scientific approach with discovery learning as the method had reflected instructional based curriculum 2013. The instructional implementation on first and second meeting consisted of preface activity, core and closing had been carried out based on curriculum 2013 rules. The evaluation which had been done by the teacher on first and second meeting had covered three domain assessment including attitude, knowledge and skill.   Key Words: Instructional, Review Text, Curriculum 2013.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...