Abstrak: Penelitian yang berjudul Peningkatan Kosakata Siswa Melalui Quartet Picture (PTK yang dilaksanakan pada Kelas III di SD Plus Bina Empat Lima Pontianak pada Tahun Akademik 2012/ 2013) bertujuan unmtuk meningkatkan kosakata siswa terutama pada topik kata benda Nama-nama Profesi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas III A di SD Plus Bina Empat Lima Pontianak tahun akademik 2012/ 2013. Data dikumpulkan melalui ceklis observasi, tes kosakata dan catatan lapangan. Data tersebut kemudian dianalisa dengan mendeskripsikan ceklis observasi dan catatatan lapangan dan menggunakan rumus untuk mencari nilai rata-rata siswa. Hasil temuan pda penelitian ini menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata terutama topik kata benda Nama-nama Profesi siswa dalam dua siklus yang telah meningkat. Nilai rata-rata pada siklus pertama adalah 97.65 dan 99.05 pada siklus kedua. Kata kunci : Penguasaan Kosakata dan Quartet Picture Abstract: This research Improving Students Vocabulary Mastery through Quartet Picture (A Classroom Action Research to the Third Grade Students at SD Plus Bina Empat Lima Pontianak In Academic Year 2012/ 2013) was intended to improve students vocabulary mastery especially in vocabulary of noun Name of Profession. It was a Classroom Action Research which was conducted in two cycles. The subject of this research was students of III A in SD Plus Bina Empat Lima Pontianak In Academic Year 2012/ 2013 which cosisted of 24 students. The data was collected by using observation checklist, students measurement test and field note. It was analyzed by describing the observation checklist and fieldnote, and by using formula of mean score. The findings indicated the vocabulary mastery especially in vocabulary of noun Name of Profession improved through Quartet Picture. The students mean score in the first cycle was 97.65, and it was 99.05 in the second cycle. Key words: Vocabulary Mastery and Quartet Picture
Copyrights © 2013