Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 8 (2015): AGUSTUS 2015

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMKN 3 PONTIANAK

Saputri, Riska Umi (Unknown)
., Aminuyati (Unknown)
., Achmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI Pemasaran 2 di SMK Negeri 3 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah studi hunbungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu komunikasi tidak langsung, komunikasi langsung dan studi dokumenter. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI Pemasaran 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) yang ditunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,658. Koefisien Determinasi (R2) pada penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 43,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan perhitungan regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien regresi variabel lingkungan keluarga (X) yaitu 0,530.  Ini berarti bahwa setiap peningkatan lingkungan keluarga sebesar 1, maka motivasi siswa akan meningkat sebesar 0,530.   Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Abstract: This study aims to determine the influence of family environment on student motivation on economic subjects XI Marketing 2 in SMK Negeri 3 Pontianak. The method used is descriptive method with the study design used is hunbungan study. Data collection techniques used, namely indirect communication, direct communication and documentary studies. The sample in this study were 33 students of class XI of Marketing 2. The results show that there is a positive effect of family environment (X) on student motivation (Y) is shown the correlation coefficient (r) of 0.658. The coefficient of determination (R2) in this study shows the contribution of the influence of the independent variable (X) on the dependent variable (Y) while the remaining 43.3% is influenced by other variables. With a simple linear regression calculation of regression coefficients family environment variable (X) is 0.530. This means that any increase in the family environment by 1, then the student's motivation will increase by 0.530.   Keywords : Family Environment , Motivation

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...