Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan menulis surat pribadi melalui metode diskusi pada siswa kelas VII A SMPN 2 Kembayan. Dan mendiskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi. Metode yang digunakan adalah diskusi kelompok dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII. Hasil analisis penelitian data menunjukan perolehan pada siklus I rata-rata nilai 61,56. Siklus II dengan nilai rata-rata 69,53. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 77,28%, persentase ketuntasan pada siklus II adalah 89,28%, dengan kenaikanketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II adalah 12%. Metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis. Kata kunci : Peningkatan, Menulis, Metode Diskusi. Abstract : Purpose of the study is was enhance the ability of to write personal letters via the method of discussion in class VII A SMPN 2 Kembayan. And describe the efforts of teachers ability to write personal letters. Method used is a form of group discussion classroom action research. This sample is class VII. The analysis of research data shows gains in the first cycle an average value of 61,56. Second cycle with an average value of 69,53. Percentage of mastery learning in the first cycle is 77,28% percentage of mastery learning in the second cycle is 89,28%. With the increase in mastery learning from cycle I to cycle II is 12%. Group discussion method can improve students skill in writing skills. Keywords : Increase, Writing, Methods discussion.
Copyrights © 2013