Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah wawancara klinis berbasis konflik kognitif dapat mengatasi miskonsepsi siswa pada materi operasi pecahan bentuk aljabar di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah empat siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Pontianak yang mengalami miskonsepsi pada operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa setelah diberikan wawancara klinis berbasis konflik kognitif mengalami penurunan. Adapun rata-rata persentase penurunan miskonsepsi per siswa adalah . Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa wawancara klinis berbasis konflik kognitif dapat mengatasi miskonsepsi siswa pada materi operasi pecahan bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 11 Pontianak.  Kata kunci : Wawancara klinis, konflik kognitif, miskonsepsi Abstract: This research aims to investigate whether or not clinical interview based on cognitive conflict can solve students’ misconception on fraction operation in algebraic expression in Junior High School. The method used is decriptive method by case study. The research subjects are four students of eighth grade of SMP Negeri 11 Pontianak which undergo misconception on fraction operation in algebraic expression which include addition and subtraction operation. The result of data analysis shows that misconception which is undergone by students after they are given clinical interview based on cognitive conflict undergo reduction. In addition, the average percentage of students’ misconception reduction is 97.22%. It can be conclude that clinical interview based on cognitive conflict can solve students’ misconception on fraction operation in algebraic expression in eighth grade students of SMP Negeri 11 Pontianak.  Keywords: Clinical interview, cognitive conflict, misconception
Copyrights © 2015