Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas murid menggunakan model kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Pinyuh Pontianakâ€.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatan aktivitas pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian adalah penelitian survey, sifat penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan guru merancang pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 2,91 menjadi  3,57  di siklus 2. Terdapat peningkatan aktivitas fisik murid dari base line 20,36, ke siklus I 55,55, dan pada siklus II 88,88, terdapat peningkatan sebesar 68,52 dengan kategori tinggi. Aktivitas mental murid dari base line 13,57 ke siklus I sebesar 51,23, ke siklus II sebesar 82,09, terdapat peningkatan sebesar 68,52, dengan kategori tinggi.  Aktivitas emosional murid dari base line 22,21 ke siklus I  79,01 dan pada siklus II 96,29,  terdapat peningkatan sebesar 74,08 dengan kategori tinggi.   Kata Kunci : Peningkatan Aktivitas, Model Kooperatif. Abstract: Common problem in this study is "How does an increase in student activity using STAD cooperative models in the learning of mathematics in sixth grade Elementary School 12 Sungai  Pinyuh Pontianak". The purpose of this study is to describe the use of STAD cooperative models in improving mathematics learning activity. The method used in this research is descriptive method. Form of research is survey research, the nature of the research is qualitative. This research was conducted by 2 cycles. The results obtained are the ability of teachers to design learning in the first cycle with an average of 2.91 to 3.57 in cycle 2. There is an increase in physical activity of the students from baseline 20.36, 55.55 for the first cycle and the second cycle 88.88, there is an increase of 68.52 to a high category. Student mental activity from baseline 13.57 to 51.23 for the first cycle, to a second cycle of 82.09, there is an increase of 68.52, with a high category. Emotional activity of the pupil baseline 22.21 to 79.01 the first cycle and the second cycle of 96.29, there is an increase of 74.08 to a high category.   Keywords : Increased Activity, Cooperative Model
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014