Abstrak: Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Ekspositori Di Sekolah Dasar Negeri Nasional Fajar Harapan Pontianak Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori di kelas V SDS Nasional Fajar Harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan strategi pembelajaran ekspositori pada pembelajaran matematika di Kelas V SDS Nasional Fajar Harapan yaitu aktivitas fisik rata-rata sebesar 33,33% sebelum pelaksanaan tindakan 70,37% pada siklus I dan naik menjadi 87,40% pada siklus II. Aktivitas mental rata-rata sebesar 10,37% sebelum pelaksanaan tindakan 60% pada siklus I dan 69,89% pada siklus II. Aktivitas emosional sebesar 37,78% sebelum pelaksanaan tindakan 58,51% pada siklus I dan 89,62% pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Strategi Pembelajaran Ekspositori, Pembelajaran Matematika Abstract: Improved Learning Activities Students in Mathematics Learning Using Learning Strategies in Expository Elementary School Fifth Grade Dawn of Hope National North Pontianak. The purpose of this research is to improve students' learning activities in the learning of mathematics using Expository Learning Strategies in class V Dawn of Hope National SDS. The method used in this research is descriptive qualitative approach. Based on the results of this study concluded an increase in students' learning activities with expository learning strategies in learning mathematics in Class V National SDS Dawn Hope that physical activity an average of 33.33% 70.37% prior to the implementation of the action in the first cycle and increased to 87, 40% in the second cycle. Mental activity an average of 10.37% prior to the implementation of the action in the first cycle 60% ??and 69.89% in the second cycle. Emotional activity by 37.78% 58.51% prior to the implementation of the action in the first cycle and 89.62% in the second cycle. Keywords: Activity Learning, Expository Learning Strategy, Learning Mathematics
Copyrights © 2014