Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang keterampilan proses sains siswa kelas X SMK Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas X Teknik Otomotif Industri (TOI). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa dalam membuat tabel data dan menggolongkan berturut-turut 91,6% dan 89,3% dengan kategori sangat terampil. Rata-rata nilai siswa dalam membuat variabel dan mengkomunikasikan sebesar 57,1% dan 51,2% dengan kategori terampil. Rata-rata nilai siswa dalam merumuskan masalah, membuat hipotesis, dan menyimpulkan berturut-turut sebesar 41,7%, 33,3%, dan 44,6% dengan kategori kurang terampil. Kata Kunci: Deskripsi, Keterampilan Proses Sains, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Laju Reaksi Abstrak: The purpose of this study is to describe the science process skills of students class X SMK Negeri 2 Pontianak. The method of this study was study case using worksheet. The subject were students of class X Teknik Otomotif Industri (TOI) are 28 students. The result of study showed, that students value in making tables and classifying is 91.6% and 89.3% respectively with category very good. Students value in, define variables and communication are 57.1% and 51.2% with category enough. Students value in formulate the problem, hypothesized, and conclude are  41.7%, 33.3%, and 44.6% with less than category. Keywords: Describe, Science Process Skills, Electrolyte Solution and Nonelectrolyte, Reaction Rate
Copyrights © 2016