Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode games (permainan) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK LKIA III Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif, berbentuk kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak usia 4-5 tahun di Kelompok A. Hasil analisis data untuk mengetahui penerapan metode games (permainan) yang meliputi media yang digunakan guru, tahapan-tahapan dalam penerapan metode games (permainan), respon anak pada saat penerapan, faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode games (permainan), serta tingkat keberhasilan guru dalam penerapan metode games (permainan) yang dapat dilihat dari kemajuan berbahasa anak dalam berkomunikasi, menyimak, mengenal huruf, dan mengenal benda beserta sifat atau fungsinya. Kata kunci : Metode Games (permainan), Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Abstract: This study aims to analyze the application of the method games in improving language skills in children aged 4-5 years in TK LKIA III Pontianak West Borneo Province. The method used to analyze the data is descriptive, qualitative form. The subjects were teachers and children aged 4-5 years in Group A. Results of data analysis to determine the application of the method games which includes media used by teachers, the stages in the application of methods of games, the response at the time of application of the child, factors that support and hinder the application of the method games, as well as the level of teacher success in the application of the method games which can be seen from a child's language progress in communicating, listening, recognize letters, and recognize objects and their properties or functions. Keywords: Method of Games, Improve Language Skills
Copyrights © 2013