Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 5 (2015): Mei 2015

PENGARUH PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN KEMAMPUAN DIRI TERHADAP MINAT BEKERJA SISWA

Bonar Marbun, Horas Mangasa (Unknown)
., Herkulana (Unknown)
Salim, Izhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2015

Abstract

Abstrak: Rumusan Masalah penelitian ini adalah, “Apakah terdapat pengaruh siginifikan pendidikan sistem ganda terhadap minat bekerja siswa siswi kelas XII SMKN I Sepauk Kabupaten Sintang? Bentuk penelitian ini penelitian kuantitatif jenis survey. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan pemeriksaan dokumen, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan lembar dokumen dan angket. Hasil penelitian bahwa variabel PSG berpengaruh signifikan terhadap Minat Bekerja. Berdasarkan hasil hitung didapat hasil estimasi variabel PSG dengan probabilitas sebesar 0,024 lebih kecil dari 0,05 (0,024 < 0,05); variabel Kemampuan Diri berpengaruh signifikan terhadap Minat Bekerja. Hasil estimasi variabel Kemampuan diri dengan probabilitas sebesar 0,001 atau lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05); variabel PSG dan Kemampuan Diri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Bekerja, model persamaan ini memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana signifikansi <0,05 atau 0,000 <0,05; Koefisien determinasi Adjusted R-square adalah sebesar 0,703, sedangkan sisanya sebesar 29,07% dijelaskan oleh variabel dan sebab-sebab lainnya diluar model. Kata Kunci: Pendidikan Sistem Ganda, Kemampuan Diri, Minat Bekerja   Abstract: Formula of Problem of this research, " Do there are siginifikan influence education double system to enthusiasm work XII SMKN I Sepauk Sub-Province Sintang class schoolgirl student? Form this research quantitative research survey type. Technique Data Collecting in this research  and kuesioner inspection document, while used research instrument document sheet and enquette. Result of research that PSG variable have an effect on signifikan to Enthusiasm Work. Pursuant to result count/calculate to be got result of PSG variable estimation with probability equal to 0,024 smaller than 0,05 ( 0,024 < 0,05); variable Ability X'Self have an effect on signifikan to Enthusiasm Work. Result of variable estimation Ability [of] x'self with probability equal to 0,001 or smaller than 0,05 ( 0,001 < 0,05); PSG variable and Ability X'Self have influence which signifikan to Enthusiasm Work, this equation model have signifikansi value equal to 0,000 where signifikansi < 0,05 or 0,000 < 0,05; Determinasi Adjusted R-Square coefficient equal to 0,703, while the rest equal to 29,07% explained by other causes and variable outside model. Keyword: Education  Double System, Ability Self, Enthusiasm Work

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...