Abstract: The title of this research is Implementation of headmasters supervision program to the teachers on SMA Negeri 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. The research is to describe implementation headmasters supervision program to the teachers on SMA Negeri 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. The method that is used is descriptive method with survey research. From the research result on SMA Negeri 2 Teluk Keramat, the implementation of headmasters supervision program to the teachers can be known as 7 respondens (39%) are always to develop the lesson plan (RPP) in improving teaching and learning process. 8 respondens (44%) are always began the teaching taht use of lesson plan 6 respondens (33%) are always use teaching and learning method when teaching and learning process. 9 respondens (50%) are seldom to master of the rubric sytem of teaching and learning result to the students. 5 respondens (28%) are seldom who are evaluated when teaching and learning is conducted in the class. Key Words: Implementation, Headmasters Supervision Programs. Absrak: Judul penelitian ini adalah Pelaksanaan Program Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru- Guru Di SMA Negeri 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan program supervisi kepala sekolah terhadap guru- guru di SMA Negeri 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Dari hasil penelitian, pelaksanaan program supervisi kepala sekolah terhadap guru- guru dapat diketahui sebanyak 7 responden (39 %) yang selalu mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam meningkatkan proses belajar mengajar. Sebanyak 8 responden (44 %) yang selalu mulai mengajar menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran. Sebanyak 6 responden (33 %) selalu menggunakan metode pembelajaran saat proses belajar mengajar,. Sebanyak 9 responden (50 %) selalu menguasai model- model pembelajaran di dalam kelas. Sebanyak 9 responden (50 %) kadang- kadang menguasai sistem penilaian hasil belajar mengajar terhadap siswa. Sebanyak 5 responden (28 %) kadang- kadang di evaluasi saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Kata kunci: Pelaksanaan, Program Supervisi Kepala Sekolah.
Copyrights © 2013