Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 1 (2014): Januari 2014

PENGGUNAAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN IPA SDN 20 TANJUNG KERAMAT MELAWI

F 34210292, Sudirmanto (Unknown)
Sabri, Tahmid (Unknown)
., Syambasril (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2014

Abstract

Kata Kunci : Metode Inquiri,Aktivitas siswa,IPA Abstrak : Penelitian tentang Penggunaan Metode Inquiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Dalam Pembelajaran IPA SDN 20 Tanjung Keramat Melawi bertujuan untuk mendeskripsikan apakah dengan penggunaan metode inquiri terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Penggunaan metode inquiri terhadap aktivitas belajar IPA SDN 20 tanjung keramat melawi.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif.Bentuk penelitian adalah merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian dilakukan dalam 2 siklus,subyek penelitian siswa kelas IV SDN 20 Tanjung Keramat Melawi Berjumlah 7 orang siswa dan seorang kolaborator.Hasil yang diperoleh aktivitas siswa pada siklus I Berjumlah 63,23 % dan pada siklus II menjadi 92,30 % berarti mengalami peningkatan 27,07% berarti signifikan,maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem pembelajaran penggunaan sitem inquiri terhadap aktivitas belajar siswa pelajaran IPA kelas IV SDN 20 Tanjung Keramat Melawi. Key word: Methods of Inquiri,Student Activity,Science Abstract: Research about Inquiri's Method Purpose To Increase Activity In Learning science SDN20 Tanjumg Keramat Melawi aims to describe what with purpose methodics inquiri exists influence that significant among Purpose learning methodics inquirito learned activityscience SDN 20 Tanjung KeramatMelawi. Method that is utilized is descriptive method. Observational form is constitute ClassroomAction Research (CAR) research is done in 2 cycles,students observational subject braze IV. SDN 20 Tanjung Keramat Melawi totals 7 students and a collaborators. Acquired result student activity on totals i. cycle 63,23 % and on cycle II. as 92,30 % matter experience step-ups 27,07% significant matters,therefore gets to be concluded exists influence that significant among purpose learning system sitem inquiri to activity studies science study student brazes IV. SDN 20 Tanjung Keramat Melawi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...