Abstract: This research discussed the requirements in the background of the students in writing the ideas (content). The researcher took the latest five year of the students’ thesis background writing as the sample; there were 25 samples be analyzed of the students’ thesis background writing of English Education Study Program of FKIP Untan year 2009/2010-2013/2014. The researcher applied the documentary research as the technique of data collecting and the method of this research was descriptive study. There four major points were analyzed on the students’ thesis background are the reason of choosing topic, the hope and fact, the other related theories, and the relevant information. As the results, the researcher found that there four samples were not conveyed completely about one of the four points in thesis background.   Keywords:Analysis, Research background, documentary technique Abstrak: Penelitianini bertujuan untuk mendiskusikan tentang komponen-komponenyan harus tertulis dalam menulis sebuah latar belakang suatu penelitian .Penelititelah mengambil 5 sampel latar belakang penelitian dari masing-masing populasi di tahun 2009/2010-2013/2014 (lima tahun terakhir) dari program studi bahasa Inggris di FKIP Untan. Jadi jumlah keseluruhan sample adalah 25 sample yang dipergunakan dalam menganalisis data.Dalam teknik menumpulkan data, peneliti menggunakan dokumen serta latar belakang penelitian mahasiswa sebagai  instrument dalam penelitian ini dan menggunakan metode deskriptif dalam menganalisis data.Adapun keempat komponen yang terdapat dalam sebuah latar belakang penelitian yang telah dianalisis yaitu: alas an dalam memilih suatu topic penelitian, ekpektasi dan fakta di lapangan, informasi yang relevan dan teori-teori  yang berkaitan. Alhasil, peneliti menemukan bahwahanya 4 sampel yang tidak lengkap terulis tentang salah satu dari keempat hal yang seharusnya terdapat dalam latar belakang penelitian.   Kata kunci: Analisis, latar belakang penelitian, teknik dokumentasi  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015