Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 5, No 9 (2016): September 2016

EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS X SMK

Maisyarah, Rahmah (Unknown)
Purwaningsih, Endang (Unknown)
Buwono, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan bahwa pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas pada mata pelajaran akuntansi selalu dilakukan dengan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan aplikasi microsoft office pada pembelajaran akuntansi di kelas X SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah 62 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Hal ini berbanding lurus dengan tingkat effect size yang diperoleh yaitu sebesar 0,056. Ketercapaian tersebut tergolong rendah. Ini artinya siswa masih terbiasa terhadap pembelajaran metode konvensional dengan  media papan tulis sehingga hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi microsoft office dan hasil belajar siswa yang menggunakan media papan tulis tidak jauh berbeda. Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi Microsoft Office, Hasil Belajar Abstract: This research is conducted based on observation that learning about accounting in the class is always use conventional method. This research is supposed to investigate the effectiveness of the result score of the tenth grade accounting students SMK Panca Bhakti Sungai Raya. The methodology that is used in this research is Quasy Eksperimen Design with technique Nonequivalent Control Group Design. The sample of this research is 62 students. The result of the data collecting shows that the result of learning students between the experiment and control class suffered no significant difference. This is proportional to the effectiveness of the result score is 0,056. This achievemen is low because the students are familiar with conventional method or learning by listening to the teacher with whiteboard media. This is why the result score between conventional method and using microsoft office application is not too different. Keywords: Effectiveness, the Application of Microsoft Office, Learning Outcomes

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...