Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelaraskan kecerdasan logis-matematis (mencocokkan jumlah benda dan lambang bilangannya dan mengenal perbedaan ukuran ‘lebih dari’ dan ‘kurang dari’) dengan kecerdasan kinestetis (berlari cepat) anak usia 5-6 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Korpri, Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, respon anak terhadap kegiatan pembelajaran dan ada tidaknya keselarasan kecerdasan logis-matematis dengan kecerdasan kinestetis anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode lari beranting dapat menyelaraskan kecerdasan logis-matematis dengan kecerdasan kinestetis dengan peningkatan kemampuan anak dalam mencocokkan jumlah benda dan lambang bilangannya menjadi 84,4% serta mengenal perbedaan ukuran ‘lebih dari’ dan ‘kurang dari’menjadi 78,9%. Kata kunci: Kecerdasan Logis-Matematis, Kecerdasan Kinestetik, Lari Beranting  Abstract : The objective of this research is to harmonize mathematical/logical intelligences (matching the amount of things with the right number and knows the difference of “more†and “lessâ€) and bodily/kinesthetic intelligences (speed running). The method applied in this research is descriptive method in terms of the planning of learning, the action of learning, and the feedback from children response in learning mathematic by relay races, whether they are harmonize each other or not. Result of this research shows that relay races method can harmonize the logic-mathematical and kinesthetic intelligences of children by increasing children’s capability to match amount of things with the right number to be 84,4%  as well as knowing the difference of “more†and “less†to be 78,9%. Keywords: Intelligent of Mathematical/Logical, Bodily/Kinesthetic, Relay Races
Copyrights © 2014