Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 12 (2015): Desember 2015

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Yulia HS, . (Unknown)
., Kartono (Unknown)
., Sugiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA menggunakan metode Eksperimen pada SDN 60 Sungai Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian adalah Penetitian Tindakan Kelas dengan jenisnya yaitu kolaboratif. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas IV SDN 60 Sungai Raya dengan 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan dan guru mata pelajaran IPA yang sedang mengajar di Kelas IV dengan menerapkan Metode Eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rincian berikut: (1) terdapat peningkatan aktivitas fisik siswa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sebesar 35%; (2) terdapat peningkatan aktivitas mental siswa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sebesar 26,67%; dan 3) terdapat peningkatan aktivitas emosional siswa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sebesar 48,34%.   Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Eksperimen, IPA   Abstract: This research aims to find out the improvement of students’ learning activities in science learning use experiment method at forth grade of SDN 60 Sungai Raya. This research used descriptive method with action research design which characteristic is collaborative that consist two cycle. The subjects of this research were 20 students at forth grade of SDN 60 Sungai Raya, whom 9 boys and 11 girls and a science teacher at forth grade of SDN 60 Sungai Raya whom was learning to used experiment method. The result of research shown that the application of the experimental method can improve students' learning activities. In detail can be summarized as follows: 1) students’ physical activity used the experimental method of science learning was increased 35%, 2) students’ mental activity used the experimental method of science learning was increased 26,67%, 3) students’ emotional activity used the experimental method of science learning was increased 48,34%.   Keywords: Learning Activities, Experiment Method, Science

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...