Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 9 (2014): September 2014

KORELASI PELAKSANAAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR

Estiana, Kristina (Unknown)
., Nurhadi (Unknown)
., Sugiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi pelaksanaan metode bermain peran oleh siswa dengan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitiannya studi korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa. Hasil analisis data menunjukan rata-rata pelaksanaan metode bermain peran oleh siswa sebesar 75,38 dikategorikan baik. Hal ini membawa dampak positif terhadap hasil belajar siswa rata-rata 75,682 dengan kategori baik sehingga terdapat korelasi antara pelaksanaan metode bermain peran oleh siswa dengan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VA Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan, nilai r hitungnya 0,499 dengan tingkat hubungan sedang.   Kata kunci: Korelasi, Bermain Peran, Hasil Belajar Abstract:This study aimedtoanalyzethe correlationimplementationmethodsplaya rolebystudentswithlearning outcomes in theclassroomteachingCivicsVAPublic Elementary School36SouthPontianak. The method usedtoformdescriptiveresearchmethodcorrelation studies. The samplein this studywas 22students. The results ofthe analysis ofthe datashowsthe averageexecutionmethodsplaya rolebystudentsat75.38categorizedeither. Thishad a positive impactonstudent learning outcomeson average75.682withcategoryso well thatthere is a correlationbetweenthe implementation of themethod of playingthe role ofa studentwithlearning outcomes in theclassroomteachingCivicsVAPublic Elementary School36SouthPontianak, the calculatedvalue of ris0.499with a degree of relationship.. Keywords: Correlation, RolePlaying, Learning Outcomes

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...