Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 11 (2014): Nopember 2014

EVALUASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SINTANG

Erwani, Handa (Unknown)
Sutapa Yuliana, Y. Gatot (Unknown)
Suib, Masluyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2014

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Di SMK Negeri 1 Sintang. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul dalam sistem pendidikan kita. Diantaranya adalah: pertama, rendahnya kualitas atau mutu pendidikan. Kedua, adalah belum adanya pemerataan dalam memperoleh akses di bidang pendidikan.Ketiga,adalah tidak adanya efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan, keempat adalah belum adanya demokratisasi pendidikan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui pengumpulan data sebagai sumber instrumen kunci peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, pengamatan, yang sudah ditulis dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar foto, dan sebagainya.Hasil Penelitian dapat dideskripsikan bahwa Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda di SMKN 1 Sintang merupakan gambaran rill temuan-temuan peneliti sebagai upaya untuk memberikan gambaran yang menyeluruh terhadap keterlaksanaan program yang sedang dijalankan, yang meliputi  Evaluasi konteks, Evaluasi input, Evaluasi proses dan Evaluasi produk. Kata kunci : evaluasi, pendidikan sistem ganda   ABSTRACT : The problem addressed in this study is How System Dual Evaluation of Education at SMK Negeri 1 Sintang. This research is motivated Various problems in our education system. Among them are: first, the low quality or quality of education. Second, is the lack of equity in access in education. Third, is the lack of efficiency in education. Besides, the fourth issue is the lack of democratization of education. This study used a qualitative approach. through data collection as a source of key research instrument itself. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data available from various sources, namely interviews, observation, which has been written in the field notes, personal documents, official documents, images, and so on. Research results can be described that the Dual System of Education Program Evaluation at SMK 1 Sintang is the real picture of the findings of researchers in an attempt to provide a thorough overview of the feasibility of running programs, Which includes the evaluation context, eveluasi input, process evaluation and product evaluation. Keywords : evaluation, dual systems of education

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...