Masalah Penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitas pembelajaran peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan dan kejelasan tentang peningkatan aktivitas pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif bentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sekaligus sebagai peneliti dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Anjungan yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian setiap siklusnya yaitu, (a) aktivitas fisik belajar murid pada base line skor rata-rata 28,57% sedangkan siklus I skor rata-rata 50,47%. Selanjutnya siklus II skor rata-rata 87,61%. (b) aktivitas mental belajar murid pada base line skor rata-rata 30,75% sedangkan siklus I skor rata-rata 53,57%. Selanjutnya siklus II skor rata-rata 85,7%. (c) aktivitas emosional belajar murid pada base line skor rata-rata 33,33% sedangkan siklus I skor rata-rata 55,23%. Selanjutnya siklus II skor rata-rata 94,28%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model kooperatif dapat meningkatan aktivitas pembelajaran ilmu pengetahuan alam pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar 03 Anjongan. Kata Kunci: Model kooperatif, aktivitas pembelajaran Abstract: Problem this research is how the increase in activity learning of students using a learning model cooperative. The aim of this research is to be able to describe and clarity about the increase in activity of learning ipa with use the model of learning cooperative. The method of research used descriptive method for classroom action research as two cycles. Subject in this research is teacher and also as researchers and learners class v state elementary school 03 Anjongan which totaled 35 people. Research result on any cycle that is (a) physical activity learn the pupil in base line the average score 28,57 % while the cycle of I the average score 50,47 %. Next cycle II the average score 87,61 %. (b) mental activity learn the pupil in base line the average score 30,75 % while the cycle of I the average score 53,57 %. Next cycle II the average score 85,7 %. (c) the activity of emotional learn the pupil in base line the average score 33,33 % while the cycle of I the average score 55,23 %. Next cycle II the average score 94,28 %. This shows that using model of cooperative learning can improve activity of natural science learning learners v classes in elementary school 03 Anjongan. Keyword: Cooperative model, learning activities
Copyrights © 2014