Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 2, No 7 (2013): Juli 2013

PENINGKATANHASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IVSDN 01 HULU SUNGAI KETAPANG

Kantek, Donatus (Unknown)
Halidjah, Siti (Unknown)
Margiati, K.Y (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2013

Abstract

Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas IV SDN 01 Hulu Sungai Ketapang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 01 Hulu Sungai.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yangterdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi langsung dan tes pada tiap akhir siklus. Setelah data diolah dan dianalisis maka diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 66,74 dan pada siklus II adalah 74,35 jadi terdapat peningkatan dengan sebesar7,61. Dengan demikian penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 01 Hulu Sungai Ketapang. Kata Kunci: peningkatan, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, metode eksperimen Abstract: ImprovedMethod UsingLearning OutcomesScienceExperimentClassIVSDN01Hulu SungaiKetapang. This studyaims to determinethe results oflearning scienceusingthe experimental methodinthe fourth gradestudentsof SDN01Hulu SungaiKetapang. Thisresearchis aform ofaction researchthat consists oftwocycles, and eachcycleconsistedoftwo meetings. Data collection techniquesusinginstrumentssuch asdirectobservation sheetsandtestsatthe end of eachcycle.Once thedata isprocessedandanalyzedtheaveragevalues ??obtainedin the first cyclewas66.74and the second cyclewas74.35sothere isan increaseof7.61with. Thusthe use ofexperimentalmethodstoimprovescience learningoutcomesin thefourth grade studentsof SDN01 Hulu Sungai Ketapang. Keywords: improvement, learning,science, experimentalmethods

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...