Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Ekonomi pada siswa kelas XI yang diduga disebabkan oleh ketidaktertarikan siswa dalam mempelajari ekonomi akibat model pembelajaran yang digunakan masih model konvensional yakni ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian berupa Pre-Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test dan studi dokumenter dengan alat penelitian berupa lembar observasi, soal test dan dokumen pendukung. Analisis terhadap hasil t sampel berpasangan menunjukkan adanya perbedaan antara nilai hasil belajar ekonomi setelah menerapkan model dengan nilai belajar ekonomi sebelum menerapkan model. Perbedaan ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ( lebih kecil 0,05) pada model penerapan pembelajaran berbasis masalah dan peta konsep. Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, peta konsep, hasil belajar  Abstrack: This research is motivated low learning outcomes Economy class XI student who allegedly caused by student disinterest in studying the economic consequences of the learning model used is the conventional model of the lecture. The method used in this study is a quantitative method to study the form of a Pre-Experimental Design. Data collection techniques used are observation , test and documentary studies with research tools such as observation sheets , test questions and supporting documents. Analysis of the results of paired samples t indicates the difference between the value of the results of the economic study after applying the model to study the economic value before applying the model. This difference is shown with a significance value of 0.000 ( 0.05 less ) on the application of problem-based learning models and concept maps. Keywords : problem-based learning, mind mapping, learning outcomes.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014