Abstrak: Penelitian ini berawal dari kurangnya efektivitas kinerja staf bidang administrasi di lingkup Sekolah Tinggi Teologi Ekklesia Pontianak. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus, sumber data Ketua pada Sekolah tersebut sebagai key Informan yang didukung dengan sumber lainnya, sementara teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, nonparticipant observation, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui model interaktif dari Miles dan Huberman. Dari penelitian ini disimpulkan: (1) Peningkatan efektivitas kinerja staf administrasi dipengaruhi oleh pengawasan yang dilakukan oleh ketua sebagai pimpinan dan pengawas; (2) Efektivitas kinerja staf administrasi dapat diketahui melalui aspek pengukuran. Adapun aspek-aspek pengukuran kinerja yang diterapkan meliputi aspek pengukuran untuk mengecek posisi kinerja, dan aspek pengukuran untuk mengkomunikasikan kerja, serta aspek pengukuran untuk menetapkan prioritas tindakan; (3) Dalam mengembangkan kinerja staf administrasi, maka diperlukan pemahaman lebih dalam mengenai standar kerja staf administrasi, kinerja aktual staf administrasi, kebijakan hakiki kinerja staf administrasi, manfaat kinerja staf administrasi, hambatan dan solusi kinerja staf, serta upaya peningkatan kinerja staf. Kata kunci: Efektivitas, Kinerja, Staf Administrasi. Abstract: The purpose of this study was to determine objectively about the effectiveness of the performance of the administrative staff were seen monitoring and performance measurement. This study uses a qualitative approach to case study type. The data sources are: Chairman of the school of theology as a key informant who supported other sources. While collecting the data collection techniques, through interviews, observation, and documentation. The technique of data analysis through the model of Miles and Huberman. Based on research, it can be concluded that: (1) The increase in administrative staff performance through the implementation of monitoring and measurement of performance. (2) While the measurement of performance through measurement to communicate aspects of work, and taking the measurements to communicate aspects of the work, and aspects of measurement to define priorities for action; (3) Beside all that aspects, to increase the administrative staff performance through work standard, actual performance, based on policy, usefull of performance, problem and solution of performance, and the effort to increase administrative staff performance. Keyword: Effectiveness, Performance, Administration Staff
Copyrights © 2014