Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X di SMA Negeri 8 Pontianak tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 37 siswa. Dari hasil analisis data diperoleh  thitung = 11,6769 dan ttabel = 1,68830. Dari perolehan tersebut maka thitung = 11,6769 > ttabel = 1,68830. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap keterampilan menulis teks anekdot di kelas X memiliki pengaruh yang signifikan. Kata Kunci:    Model Pembelajaran Berbasis Proyek,                    Keterampilan Menulis Teks Anekdot. Abstract: The purpose of this reseach is meature applied Project Based Learning effect towards X class student anecdote writing skills in  SMA Negeri 8 Pontianak academic year 2014/2015. The reseach method is experiment with One Group Pretest-Posttest Design form. Sample of this reseach are 37 students. Form the result of the data analysis obtained thitung = 11,6769 and ttabel = 1,68830. Based on the result, thitung = 11,6769 > ttabel = 1,68830. It concluded if applied Project Based Learning towards anecdote text writing skills in X Class has an significant effect. Keywords: Project Based Learning, Anecdote Text Writing Skills
Copyrights © 2016