Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 2, No 10 (2013): Oktober 2013

KEPEMIMPINAN KETUA JURUSAN DAN IKLIM ORGANISASI HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA DOSEN DI POLTEKKES PONTIANAK

NIM F 22211044, Nopriantini (Unknown)
Syukri, M. (Unknown)
,, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2013

Abstract

Abstract : Generally, this study started from the premise that lecturer performance is one of the critical success factors at collage. The university must improve the performance of the lecturers, because as an institution which aims to produce a knowledgeable, skilled, and competentable. This study aims to knowing the relationship of head department leadership and organizational climate with lecturer performance at Polytechnic of Pontianak. Methods used is method quantitative correlational study. Research data on Leadership Head of Department (variable X1), Organizational Climate (variable X2), and Performance Lecturer (variable Y) collecting through distributing questionnaires to respondents. The results shows that the Leadership of Head Department strongly associated and significant to lecturer performance with the amount of correlation by 0,784, as well as organizational climate shows strongly associated and significant to lecturer performance with the amount of correlation by 0,675. Whereas the leadership head of department and organizational climate jointly proide can be seen form the R square by 0,616 or 61,6%. , it shows the variation of lecturer performancecan be explained by both of independent variation that is leadership head of department and organizational climate while the remaining is 38,4% explained by other causes. On the basis of the results of the study is lecturer have to always improve their performance in implementing Tridharmas college. Abstrak :Secara umum penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kinerja dosen merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi. Perguruan tinggi harus meningkatkan kinerja para dosen, karena sebagai lembaga pengembangan ilmu yang bertujuan melahirkan masyarakat yang berpengetahuan, berkeahlian, kompeten dan terampil. Kinerja dosen diukur berdasarkan beban kerja dosen mencakup tugas utama yaitu melakukan Pendidikan, melakukan penelitian, dan melakukan pengabdian pada masyarakat, dan berhubungan dengan faktor kepemimpinan dan iklim organisasi yang memiliki peranan penting dengan peningkatan kinerja dosen yang pada akhirnya akan berperan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kepemimpinan ketua jurusan dan iklim organisasi dengan kinerja dosen di Poltekkes Pontianak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan studi korelasional. Data penelitian tentang Kepemimpinan Ketua Jurusan (variabel X1), Iklim Organisasi (variabel X2), dan Kinerja Dosen (variabel Y) dikumpulan melalui penyebaran angket terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Ketua Jurusan berhubungan kuat dan signifikan dengan kinerja dosendengan besaran korelasi 0,784 demikian juga dengan iklim organisasi menunjukkan hubungan yang kuat dan signifikan dengan kinerja dosen dengan besaran korelasi 0,675. Sedangkan kepemimpinan ketua jurusan dan iklim organisasi secara bersama-sama memberikan dapat dilihat dari R square sebesar 0,616 atau 61,6 % hal ini menunjukkan variasi dari kinerja dosen dapat dijelaskan oleh variasi dari kedua variabel independentnya yaitu kepemimpinan ketua jurusan dan iklim organisasi sedangkan sisanya sebesar 38,4 %dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Atas dasar hasil penelitian tersebut dosen untuk selalu meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Kata Kunci : Kepemimpinan Ketua Jurusan, Iklim Organisasi, Kinerja Dosen

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...