Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 5 (2015): Mei 2015

PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA ISLAM BAWARI

Ratnasari, Desi (Unknown)
Ulfah, Maria (Unknown)
Khosmas, F.Y (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar siswa SMA Islam Bawari Pontianak. Untuk penggunaan metode diskusi dengan pendekatan saintifik sebesar 71,42% responden memilih kategori sangat baik dan aktivitas belajar siswa sebesar 63,63% responden memilih kategori sangat baik dengan persamaan Y = 16,965 + 0,298X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Bawari Pontianak yang berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik langsung, teknik tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan program statistik SPSS versi 18.0 dengan hasil analisis data menyatakan  bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi dengan pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar sebesar 21,7% nilai koefisien determinasi sebesar  0,477 (R) dengan Adjusted R square 0,217 dan tingkat interprestasi hubungan sedang. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik dan Aktivitas Belajar Abstract: This study aims to determine the use of the method of discussion with scientific approaches to student learning scientific SMA Islam Bawari Pontianak. To use the method of discussion with aintifik approach by 71.42% of respondents chose the category of very good and students' learning activities amounted to 63.63% of respondents chose the category very well with the equation Y = 16.965 + 0,298X. The method used in this research is descriptive method with the form of research studies the relationship. Then the population in this study were students of class X SMA Islam Bawari Pontianak, amounting to 79 students. Data collection techniques in this study using the technique of direct, indirect techniques and techniques of documentary studies. While the researchers to analyze the data using statistical program SPSS version 18.0 with the results of the analysis of the data suggests that there is influence between the use of the method of discussion with the scientific approach to learning activities amounted to 21.7% coefficient of determination of 0.477 (R) with a 0.217 Adjusted R square and level interpretation relationships being. Keywords: Scientific and Activities Learning Approach

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...