Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 4 (2015): April 2015

PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DI SMA

Nuranisah, . (Unknown)
Heryana, Nanang (Unknown)
Lasmono, Djon (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksposisi serta untuk melihat tingkat kesesuaian pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dan siswa di SMA Islamiyah Pontianak dengan aturan yang telah ditentukan dalam dokumen kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, serta wawancara dengan guru bersangkutan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan guru sudah sesuai dengan silabus dan tujuan kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran sudah mencerminkan proses scientific meskipun peserta didik belum sepenuhnya melaksanakan kegiatan mengamati, menanya, mengasosiasi, mengekplorasi, dan mengomunikasikan hasil. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan rambu-rambu dalam kurikulum 2013 karena telah mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Kata kunci : Menulis, Eksposisi, Scientific, Discovery Learning Abstract : This research aims to increase of learning result of students in write exposition text and for observe compatibility of curriculum 2013 based learning  using by teacher and students in SMA Islamiyah Pontianak with rule of documents curiculum 2013. The research method that used is descriptive. Accumulation of data using by observation, test, and interview with teacher. The result of data analysis showed structure RPP of teacher appropriate with syllabus and curriculum 2013 purpose. Implementation of learning showed scientific process although all of students not yet implementation observe, interrogate, associate, exploration, and publish of result. Learning assessment of teacher  appropriate rule with documents curriculum 2013 because include of cognitive aspect, affective aspect, and skill aspect. Keywords: Write, Exposition, Scientific, Discovery Learning

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...