Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENGGUNAAN POHON FAKTOR PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nadeak, Masnur (Unknown)
., Syamsiati (Unknown)
., Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2014

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Kabupaten Bengkayang, sampel penelitian ini adalah 27 siswa dan bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan alat pengumpul data berupa lembar jawaban siswa, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian ini meliputi observasi awal, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan teman sejawat. Kegiatan pembelajaran berlangsung 2 siklus, pada siklus I belum memperoleh hasil maksimal yaitu 62,96%, maka dilakukan perbaikan pada siklus ke II, ternyata pada siklus ke II tingkat keberhasilan mencapai 88,89%, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan pendekatan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran KPK dan FPB.   Kata kunci : peningkatan, hasil belajar, matematika, KPK dan FPB, media gambar. Abstract: This research was conducted to determine of learning result on the material KPK and FPB in grade IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Keran Kabupaten Bengkayang, sample of this research is 27 students and the form of this research is a classroom action research, by means of collecting file in the form student answer sheet, and using a qualitative approach. The design of this study include the initial observation, planning, implementation, observation and reflection. Research conducted in collaboration between researchers and colleagues. Learning activities take place two cycles, the first cycle is not getting the most out 62.96%, then made improvements in cycle II, turns on to the second cycle success rate reached 88.89%, it indicates that the learning of mathematics in the material Commission and FPB using image media approach can improve the learning ability of students in KPK and FPB.   Keywords: improvement, learning outcomes, mathematics, KPK and FPB, media image.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...