Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode mendeskripsikan dengan pendekatan kualitatif, yang mana data-data hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk uraian kata-kata bukan angka-angka. Adapun yang menjadi sumber data adalah guru kelas B yang terdiri dari satu orang dan anak-anak kelas B yang berjumlah 22 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data secara umum dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan kosa kata pada anak usia 5-6 tahun di TK Karitas Dharma Pontianak Barat tujuan penggunaan metode bercerita, kegunaan metode bercerita dilakukan, media, dimana metode bercerita dilakukan, cerita apa saja, relevan metode bercerita, peningkatan kosa kata pada anak. yang dilakukan oleh guru dapat berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan tentang isi cerita yang sudah dibacakan oleh guru, dan kemampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita. Kata Kunci: Metode Bercerita, Kosa Kata  Abstrace: This research was conducted using the method of storyelling to describe the qualitative approach, which data research results are presented in narrative form words instead of numbers. As for the source of data is the class teacher b totaling 22 people. Bassed on the research that has been done, the results obtained after the analysis of the data help in general can be drawn a conclusion that the use of stotytelling method in enhancing vocabulary in children aged 5-6 years in tk charity dharma western pontianak the purpose of the use of storytelling, the usefulness of storytelling is done, the media, wherein the method betcerita done, any story, relevan methods of storytelling, increase vocabulary in children. Conducted by the teacher can work well and can increase the child’s ability in answering questions about the story that has been read by the teacher, and ability of children to retell the story. Keywords: Storytelling, Vocabulary
Copyrights © 2015