Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 3, No 7 (2014): Juli 2014

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA SENTRA SENI PADA ANAK USI 5-6 TAHUN DI TK MUJAHIDIN II PONTIANAK TIMUR

Ulfa, Vizza Novian (Unknown)
Ali, Muhamad (Unknown)
., Sutarmanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, masalah yang dihadapi guru dan upaya yang dilakukan guru dalam mengelola sentra seni pada anak usia 5-6 tahun di TK Mujadihin II Pontianak Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 1 kepala TK, 2 guru sentra seni dan 2 guru kelompok B1.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan guru cukup baik. Sedangkan evaluasi yang dilakukan guru terlihat cukup baik. Adapun masalah yang dihadapi guru dalam mengelola sentra seni adalah kurangnya media pembelajaran yang ada di sentra seni dan kurangnya kreativitas guru dalam menyediakan media pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah tersebut adalah mengadakan pertemuan dengan seluruh guru dan memberikan motivasi kepada guru agar lebih kreatif dalam menyediakan media pembelajaran dengan mengikuti beberapa pelatihan. Kata Kunci : Kemampuan Guru dan Mengelola Sentra Seni  Abstract: This study aimed to describe the planning, implementation, evalution, problem faced by the teachers and the efforts of teachers in managing arts centers in children aged 5-6 years in kindergarten Mujahidin II East Pontianak. Methods research is descriptive method with qualitative approach. The sample was firsthead of the kindergarten, 2 teachers dan 2 teacher art center group B1. Results of data analysis showed that the palnning and execution of the teachers quite well. While evalution by the teacher lookspretty good. The problems faced by teachers in managing arts centers is the lack of media center of learning in the art and the lack of creativity of teachers in providing instructional media. Effors that teachers do in the face of such problems is to hold encounters with all teachers and motivating teachers to be more creative in providing instructional media by following some training. Keywords: The Ability of Teachers and Managing Art Center

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...