Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMPN 03 Semparuk.Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXD SMP Negeri 03 Semparuk dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa.Penelitian diadakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, rata-rata skor aktivitas belajar siswa mencapai 1,7 dengan kategori cukup aktif dan meningkat pada tahap kedua dengan rata-rata skor mencapai 2,65 dengan kriteria aktif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode laboratorium dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IX SMPN 03 Semparuk. Kata Kunci : Aktivitas belajar, metode laboratorium Abstract : The purpose of his research is to improve students’ ability in learning material of curve building side at class nine of SMPN 3 Semparuk. Form of this research is action research. The subject of this research is students of class nine of SMPN 3 Semparuk. The tool of collecting data is observation sheet of students’ activity. This research did into two cycles. For the first cycle, the avarge of students’ score activity was 1,7 mean active enough and can improve at the second cycle with the avarage of students’ score was 2,65 mean active. It means that, application of laboratorium method can improve students’ learning activity in learning mathematics at class nine of SMPN 3 Semparuk. Key word : Students’ Activity, Laboratorium Method.
Copyrights © 2015