Attoriolong
Vol 18, No 1 (2020): Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah

Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Metode Listening Group Berbantuan Video Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng Tahun Ajaran 2019/2020

Herana, Herana (Unknown)
Patahuddin, Patahuddin (Unknown)
Jumadi, Jumadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2020

Abstract

Penelitian Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Metode Listening Group Berbantuan Video pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh H. Patahuddin dan Jumadi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng pada Mata Pelajaran Sejarah melalui penerapan model pembelajaran listening group berbantuan video. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 24 orang, yakni terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar sejarah peserta didik setelah penerapan model pembelajaran listening group berbantuan video, yaitu pada siklus I menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar peserta didik yakni 69,17% berada pada kategori sedang. Siklus II menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 80,58% berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran listening group berbantuan video dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik Kelas XI IIS A SMA Negeri 5 Soppeng.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Attoriolong

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Attoriolong diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM. Jurnal Attoriolong memuat tulisan yang terkait dengan Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan. dipublikasikan dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan ...