Competitor : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Vol 12, No 2 (2020): Juni

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

Mulya, Gumilar (Unknown)
Lengkana, Anggi Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah menggali informasi terkait bagaimana hubungan tingkat kepercayaan diri, motivasi belajar dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa Sekolah Dasar di wilayah 1 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan deskriptif-korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI di wilayah 1 Kota Tasikmalaya sebanyak 213 orang siswa sedangkan yang dijadikan sampel adalah sebanyak 32 orang siswa di ambil 15% dari total populasi. Instrument yang digunakan ialah berupa angket kepercayaan diri dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh jawaban mengenai diterima tidaknya hipotesis sesuai dengan signifikansi yang diajukan adalah: uji normalitas menggunakan liliefors, uji linieritas regresi, uji signifikansi regresi dan uji signifikansi (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan statistik terhadap uji hipotesis, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan dan memberikan pengaruh besar antara kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

competitor

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal COMPETITOR diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Makassar. Jurnal terbit tiga kali setahun pada bulan Februari, Juni dan Oktober berisi artikel-artikel ilmiah tentang pengajaran pendidikan jasmani dan olahraga, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia ...