Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu
Vol. 1 No. 1 (2019): JPPT Juni 2019

IMPLEMENTASI KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI IPS BAGI MAHASISWA PGSD UMN AL-WASHLIYAH MELALUI METODE KARYA WISATA

Nurmairina (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kemampuan keterampilan literasi informasi IPS bagi mahasiswa PGSD UMN Al -Washliyah melalui metode karya wisata, 2)Mengetahui hasil belajar IPS bagi mahasiswa PGSD UMN Al -Washliyah melalui metode karya wisata Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif . Subjek dalam penelitian deskripsi ini adalah seluruh mahasiswa semester II PGSD UMN Al –Washliyah yang berjemlah 35 mahasiswa . Sedangkan objek penelitian ini adalah implementasi keterampilan literasi informasi IPS melalui metode karya wisata. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakandeskriptif dan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh total diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebelum melakukan karya wisata 63,33%. Dan pada tes yang dilakukan setelah melalkukan karyawisata diperoleh nilai rata-rata tingkat pengetahuan informasi mahasiswa sebesar 90%,.dengan demikian, dapat dikatakan intervensi berhasil dilaksanakan karena telah terjadi perubahan kearah perbaikan, yaitu sekitar 80% dari jumlah mahasiswa mendapat kriteria baik. Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa dengan metose karya wisata dapat mengembangkan keterampilan literasi informasi IPS, dan meningkatkan hasil belajar IPS mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis dalam bidang pendidikan dasar yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati ...