Kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini sangat membantu kita dalam memonitor semua kegiatan yang dilakukan, seperti melihat kegiatan operasi dengan Lap SS, melihat hasil analisa minyak dengan LIMS, melihat kegiatan pemompaan harian di GLS dan lain-lain. Namun untuk melaporkan semua kegiatan yang berhubungan, kita harus membuka aplikasi satu persatu. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka penelitian kali ini akan difokuskan pada aplikasi sistem penunjang keputusan yang bertujuan untuk menggabungkan dan menyempurkana beberapa program/laporan yang di intranet sehingga kegiatan yang ada menjadi mudah lacak, mudah saji, mudah evaluasi dan tertib administrasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi serta pengujian sistem untuk mengetahui tingkat kelayakan. Dengan dibangunnya aplikasi ini diharapkan dapat mengelola dermaga baik untuk muat maupun bongkar di PT. Pertamina (Persero) RU-IV Cilacap.Kata kunci : sistem penunjang keputusan, persediaan minyak, mengelola dermaga
Copyrights © 2014