TAZKIYA JOURNAL OF PSYCHOLOGY
Vol 2, No 1 (2014): TAZKIYA Journal of Psychology

Faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan membeli busana muslimah modern

Khoirun Nisya (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Akhmad Baidun (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan membeli busana muslimah modern dengan menggunakan pendekatan regresi logistik. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 595 orang sedangkan sampel berjumlah 200 orang yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Untuk mengukur orientasi tujuan, penulis membuat sendiri alat ukur berdasarkan teori Kotler dan Armstrong (2007). Analisis faktor konfirmatorik digunakan untuk menguji alat ukur dan analisi regresi logistik digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Semua teknik pengujian dilakukan menggunakan SPSS dan LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi keyakinan dan sikap dari faktor psikologis mempengaruhi keputusan membeli busana muslimah modern fit (P>0.05) (Chi-Square=21.86, df=14, P-value=0.08146) dan memberikan kontribusi sebesar 38.4% dari variasi keputusan membeli dalam satuan logit. Namun dilihat dari tabel koefisien regresi dari enam variabel independen hanya satu yang berpengaruh signifikan terhadap logit keputusan membeli yaitu dimensi keyakinan dan sikap dari faktor psikologis (P-value < 0.05).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

tazkiya

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

TAZKIYA Journal of Psychology is a peer-reviewed scientific journal published by the Faculty of Psychology, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN). It aims to facilitate interaction, discussion, and further the advancement of ideas among Indonesian psychological scientists and to ...