Cendekia: Media komunikasi penelitian dan pengembangan pendidikan islam
Vol. 8 No. 01 (2016): Cendekia March 2016

Ibadah Umrah sebagai Gaya Hidup, Eksistensi Diri dan Komoditas Industri

Zaini Miftah (STIT Al-Fattah Siman Lamongan)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2016

Abstract

Fenomena umrah sebagai komoditas dan gaya hidup memberi pengaruh dalam transformasi sosial yang berdampak pada transformasi perilaku sosial keagamaan. Sejatinya agama merupakan pondasi dan tuntunan hidup (way of life) yang akan membawa manusia pada kehidupannya yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral yang tercermin dari perilaku kehidupannya sehari-hari, akan tetapi ritual keagamaan disubversi untuk kampanye dan iklan komoditas-komoditas untuk ekpresi diri dan sebagai ritual agama. Kegiatan seremoni yang sacral ini sejatinya memberikan pengalaman terhadap pengamalan nilai-nilai agama bagi kehidupan manusia, baik orang perorang maupun dalam hubungannya dengan kehidupan bermasyarakat, selain itu agama juga telah terkikis untuk memberi dampak bagi kehidupan sehari- hari.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal invites the original article and is not simultaneously sent to another journal or conference. The focus and scope of Scholar is the Communication Media for Research and Development of Islamic Education, such as research and development, quantitative, qualitative, experimental, ...