Cendekia: Media komunikasi penelitian dan pengembangan pendidikan islam
Vol. 9 No. 02 (2017): Cendekia October 2017

Efektifitas Pembelajaran dengan Strategi Belajar Metakognitif dalam Meningkatkan “Metacomprehension” Siswa

Zaini Miftah (STIT Al-Fattah Siman Lamongan)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2017

Abstract

Teori pembelajaran perilaku yang terkini menekankan pada pengaturan diri atau self regulation yang membantu siswa mencapai pengendalian atas pembelajarannya sendiri. Kemampuan ini jarang dilatihkan pada siswa, sehingga siswa tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk keterampilan pengaturan diri. Oleh karena itu, keterampilan pengaturan diri perlu dilatihkan pada siswa melalui strategi metakognitif. Melalui strategi ini, siswa diberi kesempatan untuk menilai pemahaman diri mereka (metacomprehension) sendiri terhadap suatu materi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal invites the original article and is not simultaneously sent to another journal or conference. The focus and scope of Scholar is the Communication Media for Research and Development of Islamic Education, such as research and development, quantitative, qualitative, experimental, ...