Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu PengetahuanSosial pada gejala alam negara Indonesia dan negara tetangga, siswa Kelas VI SDN 015Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Masalah belajar ini diatasi dengan menggunakan teknikthe power of two dengan rumusan masalah: (1) Apakah penerapan teknik the power of twodapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas VI SDN 015 Sungai SalakKecamatan Tempuling? Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS SiswaKelas VI SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempuling dengan cara menggunakan teknik thepower of two. Penelitian diharapkan bermanfaat bagi penulis, siswa, sekolah, dan DinasPendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan menggunakan Teknik The Power Of Two hasilbelajar dan ketuntasan belajar Siswa VI SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempulingmeningkat secara signifikan. Pada awalnya daya serap pada pratindakan adalah 41.90(Sangat Kurang Baik); pada siklus I meningkat menjadi 69.04 (Sedang); dan hasil siklus IIadalah rata-rata 95.23 (Amat Baik) Ketuntasan belajar secara individual dan klasikal jugameningkat.; data awal 4 siswa atau 19.04% tuntas belajar; pada siklus I adalah 15 siswadan 69.04% tuntas belajar; dan pada siklus II sebanyak 20 siswa dan 95.23 % tuntasbelajar ( KKM (70), artinya ketuntasan belajar sudah diatas 85%. Hasil diskusi pengamat dan penulis, siswa Kelas VI SDN 015 Sungai Salak KecamatanTempuling mengerti dengan Teknik The Power Of Two dan mereka dapat bekerjasamasecara berdua dan lebih aktif dalam belajar IPS. Berdasarkan hasil penelitian Teknik ThePower Of Two berhasil memperbaiki masalah rendahnya hasil belajar IPS pada pembelajaran gejala alam negara Indonesia dan negara tetangga oleh Siswa Kelas VI SDN 015 SungaiSalak Kecamatan Tempuling Tahun Pelajaran 2016/2017.
Copyrights © 2017