As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Vol 1 No 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018)

Analisis Perkembangan Nilai Agama dan Moral Siswa Usia Dasar (Agama Islam)

Majdi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Perkembangan nilai agama moral adalah ukuran baik-buruknya seseorang baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam membina hubungan dengan orang lain secara etis, bermoral, dan manusiawi.Penelitian ini mengemukakan tentang Analisis Perkembangan Nilai Agama dan Moral Siswa Usia Dasar dengan STTPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Tercapai). Penelitian ini bersifat Kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan yang ada di lapangan.Hasilnya pada perkembangan agama dan moral subjek termasuk kategori STTPA tercapai. Sesuai dengan penjelasan Fowler dalam perkembangan agamanya subjek masuk tahap mythic-literal faith. Dan pada perkembangan moral sesuai dengan penjelasan Lawrence Kohlberg subjek termasuk pada tingkatan pertama yaitu prakonfensional tahap pertama dan kedua. Tidak lepas dari Peran orang tua dan guru, peran orang tua adalah sebagai role model yang baik dan cara lain yaitu memberikan hadiah atau penghargaan serta dengan penyampaian yang tegas dan diiringi kelembutan yang penuh kasih sayang. Sedangkan peran guru adalah sebagai pendidik yang mana memberikan masukan atau penanaman agama dan moral secara langsung dan tidak langsung.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

As_Sibyan

Publisher

Subject

Education

Description

As Sibyan is published by PGMI STAINU Purworejo twice a year in July and December. The focus and scope for the paper are Primary School Curriculum Design, Learning Material (Math, Social Studies, Science, Civic Education, Bahasa, Islamic Education (Aqidah, SKI, Fiqh, Al-Qur’an, Hadist, Arab ...