Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 10 No 2 (2020): Agustus 2020

The Development of Ecological Character on Inclusive School

Abdul Basit (Universitas Panca Marga Probolinggo)
Renny Candradewi Puspitarini (Universitas Panca Marga Probolinggo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan karakter peduli lingkungan melalui program eco-school (Adiwiyata) yang dijalankan di sekolah inklusi. Program tersebut merupakan kebijakan departemen pendidikan dan lingkungan hidup untuk memberikan literasi tentang pengelolaan lingkungan kepada para siswa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, and procedure) dan pengumpulan data dengan wawancara semi-struktur, observasi dan dokumentasi di satu sekolah menengah atas di Probolinggo. Informan penelitian yang dilibatkan meliputi siswa, guru, dan kepala sekolah. Informan dari kelompok siswa dibagi menjadi kelompok anak berkebutuhan khusus/ABK (special needs) dan non ABK (reguler) sesuai karakteristik sekolah inklusi. Hasil studi menggambarkan efektivitas Program Adiwiyata nampak pada pemberdayaan sumber daya personel, kurikulum, sarana dan prasarana, serta quality control untuk membangun eco-green mandiri. Program ini berhasil menyebarkan motivasi dan kesadaran peduli lingkungan kepada siswa ABK maupun reguler sebagai modal bagi pembangunan berkelanjutan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...