Desain penelitian adalah ekspalanatori, dengan pendekatan paradigma positivistik, dan kajian persepsi yang dikuantitatifkan, dengan jumlah sampel 180 orang (responden) yang dipilih secara proporsional secara random sampling area. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 216 pagawai (ASN) di 4 (empat) Kantor Dinas (Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Koperasi dan UKM) di 3 (tiga) Wilaya (Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar, dan Kota Parepare. Gaya Kepemimpinan (X1) berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pegawai (Y2) Pemerintah Daerah provinsi Sulawesi Selatan melalui Komitmen Organisasi (Y1). Kompetensi (X2) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pegawai (Y2) Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Kompetensi (X2) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi (Y1). Kompetensi (X2) berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pegawai (Y2) Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Komitmen Organisasi (Y1). Komitmen Organisasi (Y1) berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pegawai (Y2) Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Diharapkan Para pimpinan organisasi/SKPD dan unit organisasi instansi Pemerintah Daerah di Sulawesi Selatan, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat (publik), agar memperhatikan hal-hal berikut: 1. Menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat, sesuai kondisi organisasi dan para pegawai sehingga dapat mempengaruhi pegawai agar dapat melaksanakan tugas dalam rangka mencapai tujuan organisasi. 2. Mengembangkan dan menerapkan sistem kompetensi dalam menempatkan dan memberian tugas kepada para pegawai/bawahannya, sehingga mereka dapat melaksakan tugas masing-masing dengan kinerja yang baik. 3. Membentuk dan membina komitmen organisasi yang kuat, sehingga para pegawai selalu berkomitmen untuk mencapai tujuan organisas. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kompetensi, Komitmen Organisasi, Kinerja Pelayanan Publik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020