KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 1, No 1 (2015): Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

PERBEDAAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DENGAN METODE CERAMAH PADA MATERI SITUS MASJID DAN MAKAM MANTINGAN TERHADAP KESADARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA

Dian Eka Mayasari (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2016

Abstract

ABSTRAK  Situs-situs sejarah sebenarnya bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sejarah, sehingga pembelajaran bisa lebih variatif dan tidak membosankan. Tujuan dalam penelitian ini: adakah perbedaan keefektifan penggunaan metode karyawisata dengan metode ceramah pada materi situs Masjid dan Makam Mantingan terhadap kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara.  Pendekatan yang digunakan: kuantitatif karena peneliti meyakini bahwa realitas sosial itu benda mati yang dapat diperhitungkan.Variabel yang dikaji: metode karyawisata dan metode ceramah, kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan. Data dikumpulkan menggunakan angket. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan uji beda rata-rata dua sempel. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan metode karyawisata tingkat kesadaran sejarah termasuk kategori sangat tinggi: 40 siswa (57,14%), kategori tinggi :29 siswa (41,43%) dan ada 1 siswa (1,43%) termasuk kategori sedang. Kedua, tingkat kesadaran sejarah siswa dengan metode ceramah diperoleh hasil bahwa sebanyak 34 siswa (48,57%)siswa kategori sangat tinggi: 28 (40,00%) dengan kategori tinngi dan 2 siswa (2,86%) sedang. Ketiga, ada perbedaan keefektifan penggunaan metode karyawisata dengan metode ceramah pada materi situs Masjid dan Makam Mantingan terhadap kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara, kelompok eksperimen dengan metode karyawisata diperoleh rata-rata sebesar 83,61 sedangkan siswa dengan metode ceramah diperoleh rata-rata sebesar 67,10. Kata Kunci: metode karyawisata, ceramah

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...