Analitika : Jurnal Magister Psikologi UMA
Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER

KONTRIBUSI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR

Nur Rahimah Simorangkir (Universitas Medan Area)
Asih Menanti (Universitas Negeri Medan)
Azhar Aziz (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2014

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi komunikasi persuasif guru terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random sampling) dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 78 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala komunikasi persuasif guru, skala kepercayaan diri, dan skala motivasi belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah multivariate analysis of variance (MANOVA).Analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi positif antara komunikasi persuasif dan kepercayaan diri. Diketahui pula bahwa terdapat kontribusi yang positif antara komunikasi persuasif dan motivasi belajar. Secara spesifik, diketahui bahwa dalam penelitian ini, komunikasi persuasif guru tergolong tinggi, kepercayaan diri siswa tergolong sedang, dan motivasi belajar siswajuga tergolong sedang.

Copyrights © 2014