Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERSTRUKTUR PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISPADA MATERI PECAHAN DI KELAS VI

Hendrica Liya Fedrica (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi)
Mutazam Mutazam (STKIP Melawi)
Eko Fery Haryadi Saputro (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2020

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of the contextual teaching and learning model with a scientific structure on the ability of mathematical representation in fraction material in class VI SDN 08 Banua Ujung. The method of research used is the experimental research method withresearch design pre-experiment. The study used adesign. The pretestposttestresearch subjects used 13 students of class VI in public elementary schools 08 Banua Ujung. Data collection was done by means of tests. Data analysis using simple linear regression analysis and effect size. The results of the analysis show that: 1) there is the effect of scientific structure contextual learning on the ability of mathematical representation with a significance value of 0.04 0.05. 2) the influence of the CTL model of scientific structure on the ability of mathematical representation is 1.8, with the percentage in table z valued at 46.41% and in the Cohen table worth 96%. The results showed that the ability of mathematical representation increased significantly. Keywords : CTL model with scientific structure, mathematical representation, fraction.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL berstruktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis pada materi pecahan di kelas VI SDN no 08 Banua Ujung.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experiment. Penelitian menggunakan desain pretestposttest.Subjek penelitian menggunakan 13 siswa kelas VI di sekolah dasar negeri  08 Banua Ujung.Pengumpulan data dilakukan melalui cara tes. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan effect size.Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran kontekstual berstruktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis dengan nilai signifikansi 0,04 0,05. 2) besar pengaruh model CTL bersrtuktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis adalah senilai 1,8, dengan persentase pada tabel z bernilai 46,41% dan pada tabel Cohen bernilai 96%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis meningkat secara signifikan.Kata kunci : Model CTL berstruktur saintifik, representasi matematis, pecahan.

Copyrights © 2020