Dalam penelitian ini dibahas keterampilan membaca teks berita dengan menggunakan teknik scanning siswa kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat alasan, pertama, siswa kurang mampu dalam memahami teks berita. Kedua, rendahnya nilai siswa dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks berita. Ketiga, siswa merasa bosan dalam membaca. Keempat, dalam proses belajar mengajar guru mengabaikan teknik yang cocok dengan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca teks berita dengan menggunakan teknik scanning siswa kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam yang berjumlah 161 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa lembaran soal tes yang diberikan kepada siswa dengan lima alternatif jawaban. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah (1) mengolah skor menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase, (2) mengelompokan keterampilan membaca teks  berita siswa berdasarkan skala 10, (3) menganalisis data, (4) membuat deskripsi data.Berdasarkan Hasil analisis data dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, keterampilan membaca teks berita dengan menggunakan teknik scanning siswa kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam dilihat dari unsur teks berita. What 92,5% (BS), Who 85,65 (B), Where 95% (BS), When 84,5% (B), Why 90% (BS), How 78,75% (B). Kedua, keterampilan membaca teks berita dengan menggunakan teknik scanning siswa kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam secara keseluruhan tergolong baik (B) dengan nilai rata-rata 85,75%. Kenyataan tersebut dapat menunjukkan bahwa siswa mampu membaca teks berita dengan menggunakan teknik scanning secara baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013