Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra)
Vol 3 No. 1 Tahun 2020

PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN (THINKING DAN INTUITING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA CAHAYA MEDAN 2019/2020

Tamba, Losten (Unknown)
Tarigan, Berta Mariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tipe kepribadian terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia kelas XI SMA Cahaya Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini penelitian survei. Populasi  dalam penelitian berjumlah 115 orang dengan purposive sampling sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan ditemukan bahwa ada pengaruh yang positif antara tipe kepribadian dan minat terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Cahaya Medan. Implikasi penelitian ini adalah minat belajar yang besar dapat menimbulkan hasil belajar yang tinggi,  demikian sebaliknya. Hal ini mengandung implikasi bahwa tipe kepribadian dan minat belajar mempunyai peran penting untuk meningkatkan hasil belajar. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (Pendistra) erbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta ...