Abstrak           Pokok persoalan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe student recap dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VIII MTs TI Batang Kabung, dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas  sebagai kelas eksperimen dan kelas  sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji kesamaan rata-rata melalui uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama:  Terdapat perbedaan secara nyata hasil belajar antara pembelajaran aktif tipe student recap dengan pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs TI Batang Kabung yang ditunjukkan oleh nilai uji hipotesis (uji-t)  = 2,973 sedangkan = 1,67 artinya  > , dengan demikian  ditolak dan  diterima. Dan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 70.34 dan kelas kontrol sebesar 60 dimana KKM yang ditetapkan sebesar 70. Kedua: Strategi pembelajaran aktif tipe student recap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs TI Batang Kabung, hal ini dapat dilihat dari langkah kegiatan pembelajaran yang dilakukan, terutama pada kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, telah secara nyata terbukti secara statistik mampu meningkatkan skor hasil tes akhir pada kelas eksperimen pada penelitian ini.
Copyrights © 2013