Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 2 (2019)

PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA KELAS II SDN GEBANG RAYA KOTA TANGERANG

Dilla Fadhillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2019

Abstract

ABSTRAKAwal mula kegiatan membaca, menulis dan berhitung diajarkan pada Sekolah Dasar. Akan tetapi, sebagian besar kebiasaan membacan membaca yang kurang berkembang di kalangan siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kecerdasan linguistic siswa kelas II SDN Gebang Raya Kota Tangerang. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik non-tes yakni wawancara, observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 49 siswa di kelas IIA sejumlah 24 siswa dan kelas IIB sejumlah 25 di SDN Gebang Raya Kota Tangerang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yang berjumlah 44 siswa dari seluruh kelas II di SDN Gebang Raya Kota Tangerang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, yang diawali dengan uji normalitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh positif yang signifikan pada kebiasaan membaca (X) terhadap kecerdasan linguistik (Y). Hal ini terbukti dengan dilakukannya uji korelasi Product Moment sebesar 0,689 yaitu berada pada interval 0,60-0,80 yang berarti memiliki pengaruh yang tinggi. Dan untuk uji hipotesis signifikansi diperoleh data nilai t hitung sebesar 6,17 dan t tabel dengan df (44-2=42) sebesar 1,68. Hal ini menunjukan bahwa nilai t hitung > t tabel yang berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima. Hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh signifikan pada kebiasaan membaca.Kata Kunci: Kebiasaan Membaca, Kecerdasan Linguistik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...