Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2019)

PERBANDINGAN MODEL INDEX CARD MATCH DENGAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN CARINGIN III KABUPATEN TANGERANG

Rini Rindayani (Unknown)
Dilla Fadhillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Model Index Card Match Dengan Time Token Arends terhadap keterampilan berbicara dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Caringin III Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen jenis Nonquivalent Control Group Desaign. Hasil dari uji validitas isi dengan uji pakar Bahasa Indonesia. Sebelum data analisis, terlebih dahulu di uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan Chi Kuadrat dan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji Normalitas untuk kelas eksperimen 1 diperoleh thitung 2,0041 < ttabel  11,07 sedangkan untuk kelas eksperimen 2 thitung 1,1662  < ttabel  11,07 maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas sampel diperoleh dari populasi yang berditribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,27 sedangkan Ftabel 1,84 hal ini berarti Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,07 < Ftabel 1,84  hal ini berarti populasi dari kedua data memiliki varians yang homogen. Pengujian statistik dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh uji thitung 1,76 sedangkan  ttabel 2,00. Karena thitung lebih kecil dari tabel 1,76 < ttabel 2,00 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian tidak terdapat Perbandingan Antara Model Index Card Match Dengan Time Token Arends. Akan tetapi dilihat dari rata-rata kelas eksperimen 1 yaitu 75,06 dan kelas eksperimen 2 yaitu 70,71. Melihat hasil dari nilai rata-rata postes kelas eksperimen 1 yang menggunakan model Index Card Match lebih baik daripada kelas eksperimen 2 yang menggunakan model Time Token Arends.Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Caringin III Kabupaten Tangerang. Kata Kunci : Model ICM, TTA, Keterampilan Berbicara.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...