SELAMI IPS
Vol 3, No 47 (2018): JURNAL SELAMI UHO

PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA (Studi Kasus SMP Negeri 3 Tomia Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi)

Masruddin, Masruddin (Unknown)
Reni, Wa Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan gutu PKn terhadap pembentukan moral siswa. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam bentuk observasi, wawancara, penyeberan angket dan pengumpulan data dokumen sekolah. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu  data yang diperoleh dari hasil observasi aktifitas guru dan siswa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pembelajaran guru selalu memberikan contoh moral yang baik kepada siswa untuk diteladani sebagai suatu moral yang baik. Contoh dari moral yang ditunjukan pleh guru dalam pembelajaran diantaranya adalah menjadi suri tauladan, membimbing siswa menjadi manusia dewasa yang cakap tutur kata,sebagai motivator yaitu memberikan pelajaran siswa tentang kebaikan. Dengan contoh moral yang dipraktekan dan ditekankan guru dalam pembelajaran, yang menjadikan siswa terbentuk moralnya. Dilihat dari hasil wawancara dengan guru menarik kesimpulan bahwa, siswa di SMP 3 Tomia Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi sudah memiliki moral yang baik meski belum keseluruhan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa guru dalam pembelajaran memiliki peranan dalam pembentukan moral siswa di SMP Negeri 3 Tomia Kec. Tomia Timur Kab. Wakatobi. Kata Kunci: Peranan Guru, dan Moral Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

selami

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal Description : SELAMI IPS ialah jurnal yang memberi perhatian pada masalah-masalah sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan Humaniora terutama dalam kaitannya dengan pembangunan pendidikan nasional dan pengembangan berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat. SELAMI IPS merupakan jurnal ...